Membuat Wadah Serbaguna ala Zero Waste

 

Oleh : Hasbiya Rizqi, Universitas Negeri Jakarta

Banyak limbah kaleng dan kertas yang terbuang karena hanya digunakan sebagai barang sekali pakai saja. Padahal masih bisa dimanfaatkan sebagai barang yang layak pakai. Dengan membuat tempat pensil dari kaleng dan koran bekas ini, kita sudah melaksanakan salah satu kegiatan zero waste. Selain itu, kreativitas kita juga dapat terlatih dengan kegiatan melukis dan menghias kaleng bekas.

Alat & Bahan

● Kaleng bekas

● Koran bekas

● Mod Podge/Lem PVC (Fox)

● Cat Akrilik (warna bebas sesuai keinginan)

● Kuas Lukis

● Kuas Lem/Kuas busa

● Gunting

● Penggaris

● Pensil/spidol

Proses Pembuatan:

1. Tandailah koran dengan spidol/pensil dan penggaris secara vertikal, pastikan lebar koran yang ditandai ukurannya sama. Lalu guntinglah koran yang sudah ditandai tersebut.

2. Pilinlah koran-koran yang sudah digunting secara perlahan. Jangan lupa pada bagian awalan dan akhiran pilinan koran diberikan lem/modpodge agar pilinan tidak mudah lepas. Pilinan koran dibuat sebanyak mungkin disesuaikan dari besar kecilnya kaleng agar bisa tertutup pilinan koran.

3. Ukurlah sisa koran sesuai tinggi kaleng yang akan digunakan. Guntinglah koran tersebut dan pastikan koran dapat menutupi seluruh permukaan kaleng.

4. Lapisi kaleng dengan lem/modpodge lalu tempelkan koran yang sudah dipotong tadi pada permukaan kaleng. Tunggu 5 menit sampai lem mengering.

5. Setelah lem kering, lapisi kembali kaleng yang sudah ditempel koran dengan lem/modpodge lalu tempelkan pilinan koran yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan pilinan koran menempel dengan kuat.

6. Sebelum dicat, pastikan seluruh lintingan koran sudah menempel dengan kuat. Berikan sedikit tekanan pada lintingan koran yang sudah menempel pada kaleng dengan menekannya menggunakan jari dan menekannya pada permukaan datar.

7. Buatlah ornament tambahan menggunakan sisa lintingan koran yang telah dibuat sebelumnya dengan cara membuat pola melingkar dan diberi lem pada saat dilingkar.

8. Berikan lem pada bagian kaleng yang ingin ditempelkan ornament dengan menggunakan kuas lem, lalu tempelkanlah ornament yang sudah dibuat.

9. Setelah pilinan koran dan ornament ditempel selanjutnya adalah melapisi pilinan koran dengan cat putih. Gunakan cat akrilik dan kuas khusus cat untuk melakukan proses ini, cat juga bisa diberikan sedikit air agar lebih mudah merata keseluruh permukaan kaleng. Tunggulah 5-10 menit sampai cat mengering.

10. Selanjutnya adalah menutupi lapisan cat putih dengan warna sesuai keinginan. Teknik melukis bisa menggunakan teknik gradasi maupun bloking. Setelah selesai, tunggulah sekitar 10-15 menit sampai cat mengering.

11. Proses terakhir adalah memberikan pernis pada kaleng yang sudah di cat. Dengan pemberian pernis ini cat akan semakin awet dan memberikan warna semakin berkilau. Tunggulah sampai pernis kering sekitar 15-30 menit.

12. Kaleng siap digunakan untuk berbagai keperluan.

 

Video Proses Pembuatan dapat dilihat disini : https://youtu.be/t8rqcT_mSKk

 

Referensi:

● Inspirasi. (2014). Kerajinan Membuat Tempat Pensil Cantik dari Kaleng Bekas. http://ragam-kerajinantangan.blogspot.com/2014/12/kerajinan-membuat-tempat-pensil-cantik.html

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *