Teknik dalam Menggambar Tubuh Karakter

Oleh: Jeni Nurjanah, Universitas Negeri Jakarta

                Teknik menggambar tubuh dibagi menjadi 2 kategori, yaitu teknik realis dan teknik bebas. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa gaya realis memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu yang mengacu pada teknik yang benar dan sesuai dengan ukuran tubuh manusia yang sebenarnya. Adapun gaya bebas adalah gaya yang dikembangkan dari gaya realis yang diubah sesuai dengan keinginan. Selama hasilnya masih terlihat wajar dan dapat diterima oleh audience.

Menggambar tubuh memang terlihat lebih sulit karena kita harus tahu panjang pendeknya bagian-bagian tubuh. Kita pun harus memperkirakan jarak antar bagian tubuh agar terlihat wajar. Namun selama kiya menggunakan garis bantu, kita tidak perlu bersusah payah untuk menggambar berkali-kali.

                Sebelum kita melangkah lebih jauh bagaimana menggambar tubuh. Ada hal yang sebaiknya kamu ketahui. Agar tubuh karakter terlihat imbang. Kita memerlukan teknik menggambar stickman atau blockman.

Blockman-Stickman

Dari gambar tersebut dapat kita ketahui bahwa stickman adalah bentuk dasar menggambar tubuh dari blockman. Dengan menggunakan stickman kita bisa menentukan panjang pendeknya bagian anggota tubuh dan lekukan tubuh ketika digerakkan. Setelah stickman dibuat, barulah kita menggambar blockman yang merupakan sketsa dasar. Dapat dilihat bahwa blockman menentukan lebar tubuh.

Anggota Tubuh

Beberapa anggota tubuh yang paling mendasar untuk digambar antara lain: kepala, bahu, dada, perut, pinggul, tangan, lutut, dan kaki. Anggota-anggota tubuh ini nantinya menjadi patokan ukuran tubuh karaktermu. Ukuran satuan dalam menggambar tubuh adalah satu ukuran kepala.

                Hal yang harus dicermati dari sudut ini adalah  keseimbangan. Jadi, sebelum membuat seluruh anggota tubuh kecuali kepala, buatlah garis vertical yang panjang. Jangan lupa perhatikan lekukan tubuh.

blockman-2

Perbedaan antara tubuh laki-laki dan perempuan terletak pada bahu dan pinggul. Bila laki-laki memiliki bahu yang lebih besar dan lebar dibanding perempuan. Bila pinggul laki-laki lebih kecil, pinggul perempuan lebih besar. Jadi bisa disimpulkan bahwa bentuk dasar tubuh laki-laki adalah segitiga terbalik, sedangkan perempuan adalah segitiga normal.

 

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *