Tutorial Membuat Pembatas Buku Lucu

Oleh : Hasbiya Rizqi, Universitas Negeri Jakarta

Zaman sekarang sudah banyak beredar buku elektronik, sehingga kita dapat dengan mudah membawanya kemana saja tanpa perlu membawa tas yang besar. Namun, berbeda rasanya jika kita membandingkannya dengan membaca buku secara fisik. Setelah membaca pastinya kita tidak lupa untuk menandai sampai mana terakhir kita membaca, melipat kertasnya bukan merupakan solusi yang baik untuk mengatasi ini. Sehingga dibutuhkanlah sebuah markah buku.

Markah buku atau yang biasa kita kenal dengan nama pembatas buku merupakan penanda pada halaman buku setelah kita selesai membaca. Saat ini jenisnya sangat beragam, ada yang menggunakan tali, besi, plastik, dll. Tutorial ini akan membantu kalian untuk membuat sendiri pembatas buku yang kalian inginkan. Pembatas buku ini dapat kalian kembangkan sesuai kreativitas masing-masing. Kali ini kita akan mempelajari bagaimana membuat markah buku dengan menggunakan cat air.

Alat dan Bahan :
• Kertas cat air 300gsm ukuran A4
• Cat Air
• Kuas
• Palet
• Pensil Warna / Spidol
• Selotape
• Gunting
• Plastik Laminating
• Setrika
• Kain Katun

Proses Pembuatan :

  1. Siapkan kertas cat air 300gsm, pensil warna, dan gunting. Tandailah kertas dengan lebar 4cm lalu guntinglah bagian kertas yang sudah ditandai.

  2. Gambarlah sebuah karakter yang kalian sukai dengan menggunakan pensil warna pada kertas cat air. Guntinglah kertas yang sudah ditandai tadi sesuai dengan gambarnya.

  3. Siapkan cat air, wadah air, palet, dan kuas. Mulailah melukis pada kertas yang sudah digunting tadi dengat cat air. Pastikan perbandingan air lebih banyak dibandingkan cat yaitu cat sekitar 1:3 dari jumlah air. Warnailah secara keseluruhan terlebih dahulu sebagai warna dasar. Tunggulah sampai cat kering.
  4. Setelah warna dasar kering, ulangi proses yang sama namun dengan perbandingan cat sama dengan air yaitu 1:1. Jika kalian menginginkan gradasi warna, warnailah pada salah satu bagian saja (di tengah/bawah/atas). Tunggulah sampai cat kering.
  5. Setelah cat kering, berilah bagian mata, hidung maupun pada keduanya dengan menggunakan kuas yang kecil dan cat air yang pekat. Pada bookmark yang panjang bisa diberikan pola-pola yang kreatif agar tidak polos warna saja dan lebih menarik.

  6. Proses selanjutnya adalah memberikan detail pada karakter dan pola pada bookmark dengan menggunakan spidol/pensil warna.
  7. Siapkan plastik laminating, kain katun, dan setrika. Pada tahapan ini kita akan mulai melaminating bookmark yang sudah selesai dilukis. Letakkan bagian kepala karakter dalam plastik laminating. Pastikan bookmark tidak lewat dari batas plastik. Setelah itu guntinglah plastik laminating menjadi bentuk segi empat agar lebih mudah saat laminating dan dapat dirapikan.

  8. Panaskanlah setrika hingga benar-benar panas. Semakin panas setrika maka akan semakin cepat proses laminating. Lipat menjadi dua bagian kain katun, letakkan plastik laminating dan bookmark yang tadi dalam lipatan kain katun. Jika setrika sudah panas, mulai lah menyetrika diatas kain katun yang dibawahnya terdapat bookmark. Lakukanlah gerakan seperti menyetrika sehari hari sambil ditekan-tekan.

  9. Tandanya bookmark sudah terlaminasi dengan baik adalah, plastik laminating sudah terlihat transparan dan tidak buram. Pastikan plastik laminating sudah mendingin baru lakukan proses selanjutnya yaitu guntinglah bagian plastik laminating yang tidak digunakan.

  10. Lipatlah bookmark segi empat pada bagian atas dengan panjang kira-kira 3-4cm. Hal ini dilakukan untuk menempelkan karakter pada bookmark dan bookmark bisa diselipkan diantara halaman buku. Lalu tempelkan karakter pada bookmark menggunakan selotape.

  11. Bookmark siap digunakan.

Video Tutorial dapat dilihat pada link : https://youtu.be/nf8wAX0aWMcReferensiIheartcraftythings. (2019). How to make DIY Monster Bookmarks – Super Easy Free Template.

Website : https://iheartcraftythings.com/monster-bookmarks.html

#AyoBikinSendiri

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *