5 Objek Sketsa Menarik yang Dapat Ditemui di Jakarta

Oleh: Marshall Ferry Setiawan, UNJ

sketsa

  1. Ereveld Menteng Pulo

Ereveld Menteng Pulo merupakan sebuah pemakaman bangsa Belanda di Jl. Menteng Pulo RT. 3 RW. 12, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Pemakaman ini dikhususkan bagi perwira militer Belanda, yang tewas selama Perang Kemerdekaan Indonesia. Pembuatan tanah berbentuk L (berukuran 29.000 m²) itu dilakukan di atas tanah wakaf yang diberikan oleh pemerintah Jakarta saat itu. Desain Ereveld Menteng Pulo dibuat oleh LetKol. HA. van Oerle dari Divisi Pertama 7 Desember. Di titik tertinggi ereveld tersebut berdiri bangunan beton peninggalan Jepang. Setelah bangunan itu dibongkar, dibangunlah Ereveld Menteng Pulo.

Selain susunan kuburan yang dapat menjadi objek sketsa menarik, terdapat menara di tengah wilayah Ereveld yang memiliki bentuk unik dan sekaligus memiliki sisi estetik untuk disketsa. Dapat pula naik ke atas menara untuk mendapatkan sudut gambar yang lebih luas.

 

  1. Pasar Baru

Pasar Baru adalah kawasan perdagangan yang berpusat di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pusat perbelanjaan ini didirikan pada tahun 1820, dan merupakan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta.Ujung selatan Jalan Pasar Baru berbatasan dengan Jalan Antara dan Jalan Pasar Baru Selatan, serta Jalan Pos yang berdekatan dengan Gedung Kesenian Jakarta. Ujung utara Jalan Pasar Baru berbatasan dengan Jalan Kyai Haji Samanhudi, dekat Metro Pasar Baru dan Jalan Gereja Ayam. Di sisi kiri dan kanan Jalan Pasar Baru terdapat toko pakaian, toko tekstil dan tailor, toko alat olahraga dan sepatu, toko kacamata, dan toko perhiasan emas.

Suasana keramaian pasar dapat ditemui di daerah pasar baru ditambah lagi banyaknya bangunan berbentuk unik peninggalan penjajah di daerah ini. Pasar baru juga berdekatan dengan Gedung Filateli yang sangat menarik pula untuk menjadi objek sketsa.

 

  1. Kota Tua

Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka).

Di wilayah kota tua ini terdapat banyak tempat menarik yang cocok menjadi objek gambar, seperti museum wayang, jembatan Tarik, kantor pos kota tua, museum bank mandiri, museum bank Indonesia, dan lain lain.

 

  1. Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota (JAKK) adalah stasiun kereta api kelas besar yang terletak di Kelurahan Pinangsia, kawasan Kota Tua, Jakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +4 meter ini merupakan stasiun terbesar yang berada dalam pengelolaan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun Jakarta Kota dikenal pula dengan sebutan Stasiun Beos.

Stasiun Jakarta Kota masih termasuk dalam wilayah Kota Tua Jakarta. Bentuknya yang unik dan berbeda dengan stasiun kereta lain membuat stasiun beos ini sangat menggugah untuk digambar. Terdapat pula aktivitas manusia disana yang membuat suasana menjadi lebih hidup.

 

  1. Car Free Day Sudirman (CFD)

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Car Free Daydilakukan setiap hari minggu pagi pukul 06:00 sampai 11:00 bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor.

Banyaknya warga Jakarta yang datang dan berkegiatan di kegiatan hari bebas kendaraan bermotor ini, seperti berkumpul komunitas, olahraga, berjualan, ataupun untuk mengikuti acara yang sedang berlangsung di CFD. Kemeriahan pejalan kaki yang sampai memenuhi jalan ini memiliki daya Tarik tersendiri untuk dijadikan objek gambar di dukung pula gedung-gedung di daerah sudirman yang cenderung menjulang tinggi dengan beberapa bangunan yang memiliki bentuk khas, seperti mall sarinah, bundaran HI, Gedung Hotel Indonesia, dan juga halte-halte bus transjakarta.

 

Keterangan foto: 

1. Ereveld Menteng Pulo (gambar: karya aagozie (IG))
2. Passer Baroe (gambar: karya merlt_p (IG))
3. Kota Tua (gambar: karya sketsa.sena (IG))
4. Stasiun Jakarta Kota (gambar: karya jatmika jati)
5. Jalan Sudirman (Car Free Day) (gambar: karya doodle_mond (IG))

sumber: wikipedia indonesia
	instagram
	flickr

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *