5 Tips Merawat Tanaman Hias

5 Tips Merawat Tanaman Hias

Selama #DiRumahAja, merawat tanaman hias kembali digemari masyarakat. Selain akan membuat rumah terlihat cantik, juga mencerahkan suasana hati Anda. Namun di sisi lain, tanaman-tanaman ini bisa mati mendadak karena salah penanganan.

Karena itu, simak beberapa tips mudah merawat tanaman berikut ini:

Pilih Tanaman yang Cocok
Terdapat banyak sekali tanaman hias yang dapat mempercantik rumah. Anda dapat memilih tanaman yang hidup pada suhu ruangan (± 25 °C). Cara ini akan memudahkan Anda dalam merawat tanaman hias.

Media Tanam yang Tepat
Dikutip dari YourGardeningExpert, sebaiknya Anda mengetahui jenis media tanam yang cocok untuk tanaman hias tersebut. Pastikan bahwa tanah di dalam pot telah memiliki unsur hara/pupuk yang cukup. Media tanam yang ‘bergizi’ akan membuat kebutuhan tanaman tercukupi.

Cek Kebutuhan Air
Usahakan menyiram tanaman secara teratur. Semua tanaman secara alami membutuhkan air untuk tumbuh. Dalam menyiram tanaman penting diperhatikan intensitas air. Jangan menyirami tanaman terlalu banyak. Air yang tergenang di dalam pot akan membuat tanaman menjadi busuk. Pastikan bahwa air untuk tanaman cukup. Jika tanaman kekurangan air, tanaman akan layu.

Sinar Matahari dan Kelembaban yang Cukup
Jangan lupa, keluarkan tanaman dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari setidaknya sekali setiap dua minggu. Dengan demikian, kebutuhan sinar matahari akan terpenuhi. Anda juga perlu memastikan kelembapan tanah tetap terjaga dengan meletakkan wadah berisi air di sekitar tanaman.

Pangkas Daun yang Rusak
Tanaman yang sehat adalah tanaman yang terawat dengan baik. Rawat tanaman dengan baik. Jika daun tanaman sudah bertambah, pangkas. Potong daun yang rusak. Dengan cara ini daun yang rusak tidak akan menyebar ke daun lain.

#AyoBikinSendiri #WEWO #wewocraft

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *