ARTIST OF THE MONTH: THALITA MARANILA

Oleh: Alika Rahmadhanti, Universitas Negeri Jakarta

Talitha Nashtiti Maranila merupakan seniman asal Indonesia yang berkecimpung dengan media watercolor painting hingga ceramic painting. Ia lahir di Jakarta, 15 Oktober 1990. Ia sudah memiliki ketertarikan sebagai seorang perupa sedari kecil. Talitha melanjutkan studinya di Lasalle College International, meski ia memilih untuk melanjutkan kuliah dibidang fashion business, ia banyak terjun dalam proyek-proyek sampingan sebagai seorang seniman. Baginya fashion dan ilustrasi memiliki kolerasi kuat pada keindahan permainan warna dan objeknya.

Ambisi Talitha dalam berkarya adalah menanamkan dan memproyeksikan aspek-aspek sains dan spiritualitas melalui karya seninya. Ia menganggap karya kreatifnya sebagai perwujudan dari spiritualitasnya. Dia mengeksplorasi kemungkinan dunia yang bisa kita ciptakan melalui bantuan sains dan seni, dan apa yang bisa dilakukan masing-masing disiplin untuk merefleksikan masalah masyarakat dan mungkin memengaruhi respons politik.

Talitha sebagai Pelukis
Awal mula ia berkarir di dunia seni, ia terjun sebagai seorang pelukis. Ia banyak menggunakan watercolor sebagai medium ekspresinya. Namun pada tahun 2017, ia mulai mencoba discover banyak hal baru hingga menemukan ceramic painting sebagai pengganti watercolor karena sifatnya yang sama-sama cair. Dalam karyanya, Talitha biasa menggabungkan gaya surrealis dan abstract.

Mind mirrors’ ceramic, acrylic and gold leaf on a four pieces panel 2018′

 

Talitha sebagai Creator dan Ilustrator
Sejak memulai karir profesionalnya pada tahun 2012, Talitha telah menghasilkan banyak proyek yang ditugaskan di ruang publik, serta banyak proyek komersial dan Pameran baik secara lokal maupun internasional. Prestasinya dalam dunia seni tidaklah main-main. Ia pernah berkolaborasi dengan brand-brand ternama seperti Rollover Reaction, Samsung, Danone Aqua, Cara Faye hingga Christian Dior dan masih banyak lagi.

Sogni D’oro means have a golden dreams
In collaboration of Rollover Reaction

Samsung Galaxy S8+ ‘Your Inner Sanctum’ by Talitha Maranila

 

CARA x TALITHA MARANILA
White leather artist jacket painted by Talitha Maranila

 

Talitha sebagai Seniman
Tidak berhenti pada ceramic painting, Talitha terus bereksplorasi dengan berbagai macam media dalam pembuatan karyanya. Tidak hanya menggunakan cat dan kanvas, namun Talitha juga menggunakan media lain seperti kaca, dan plexiglass. Penggunaan media yang bergam inilah yang membuat karya Talitha tidak hanya sebagai sebuah lukisan, namun juga sebagai instalasi seni.
Karyanya pernah dipamerkan dalam pameran dalam negeri hingga mancanegara seperti Wall Painting at Private house Leedon Park street Singapore, Verbindung Connection Exhibition at Stein Egerta schaan Liechtenstein, Switzerland, dan Precārius solo exhibition at coGalleries Berlin, Germany.

IRIDESCENCE’ 2019 (nightlight), ceramic paint and gold leaf on acrylic plexiglass and mirror in “Precārius” solo exhibition 2019 Berlin, Germany

Seni sudah menjadi passion hidupnya. Walaupun sempat berpikir apa bisa menghidupi diri dengan jalan yang seperti ini? Namun Talitha tidak dapat membohongi dirinya sendiri. Seni telah menjadi bagian dari hidupnya. Sosok Talitha sangat menginspirasi kita dan membuka pikiran masyarakat bahwa seni tidak hanya sebatas hobi namun juga bisa menjadi suatu hal yang bisa dibanggakan.
Buat para pembaca yang ingin tau lebih tentang sosok Talitha Maranila, bisa cek langsung di instagramnya @talmaranila dan websitenya http://talithamaranila.com/

#WEWO #Artistofthemonth

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *