Catatan Kewirausahaan: Tiga Level Pengusaha

TIGA LEVEL PENGUSAHA

Ketika ditanyakan kepada para peserta Pembekalan Kewirausahaan, “Apa tujuan teman2 dalam berwirausaha? Apa alasan yang memotivasi kamu untuk berbisnis?”

Jawabannya tentu saja beragam.

Ada yang menjawab untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga; Ada yang ingin kebebasan secara finansial; Ada yang berbisnis untuk bersama-sama bergerak dan memberdayakan masyarakat sekitarnya; Dan ada pula yang mengatakan, berbisnis itu ingin sukses di dunia dan akhirat.

Semua punya jawabannya sendiri.

Bapak Deny Rahman, seorang pengusaha sukses, dalam presentasinya pada Sesi Motivasi Bisnis pada Pembekalan Kewirausahaan BBPPK & PKK Kemnaker RI beberapa waktu lalu, mengatakan ada tiga level bagi seorang pengusaha, yaitu:

Level Pertama
yaitu berbisnis untuk memenuhi kebutuhan DIRI SENDIRI

(Aktualisasi diri, financial freedom, bebas mengatur hidupnya sendiri, dll)

Level Kedua
yaitu berbisnis untuk ORANG LAIN/ KELOMPOK

(pemberdayaan masyarakat sekitar, kelompok tani, keluarga dll)

Level Ketiga
yaitu berbisnis untuk kebutuhan SPIRITUAL

(jujur bekerja untuk mencari keridhaan Tuhan; berdoa sebelum mulai bekerja; melibatkan Tuhan dalam setiap urusan; God is in the details; sebagian keuntungan usaha disisihkan untuk sedekah/infak, dll)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَآءُ مِنْ عِبَا دِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗ وَمَاۤ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚ وَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

“Katakanlah, Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hambaNya. Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan MENGGANTINYA dan Dialah Pemberi Rezeki yang terbaik.” (QS. Saba’ 34: Ayat 39)

 

#Catatan #PembekalanKewirausahaan #AyoBikinSendiri

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *