Indonesia woman in leadership (I-Wil) 2021

Ringkasan

Klien

Penerima Manfaat

70 pelaku usaha perempuan, anggota Konsorsium Adara NTB, Konsorsium Timor Adil dan Setara NTT

Layanan

Asesmen usaha, Training of trainer, Facilitator guide book, Facilitator coaching, Business Meeting, Annual planning.

Periode

7 bulan

Desember 2021 – Juni 2022.

Proyek The Indonesian Women in Leadership (I WIL) Project bertujuan mendukung organisasi masyarakat sipil di NTB dan NTT dalam mengampanyekan dan mengadvokasi kesetaraan gender dengan meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan, partisipasi perempuan dalam politik, pengambilan keputusan, dan kepemimpinan perempuan serta menurunkan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Tujuan besar dari proyek ini adalah pada tahun 2023, akan ada lebih banyak lagi perempuan dan perempuan muda di bagian timur Indonesia yang dapat mandiri secara ekonomi, berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan yang berdampak pada kehidupan mereka, memegang posisi pemimpin di berbagai organisasi pemerintahan lokal, dan hidup bebas dari kekerasan berbasis gender.

Dampak dari proyek ini diharapkan bahwa perempuan dapat mempunyai akses terhadap dan mengontrol sumberdaya ekonomi dan juga kesempatan untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga. Lebih banyak perempuan juga diharapkan dapat terwakili dalam peran-peran sebagai pemimpin politik, sosial, dan ekonomi di tingkat desa. Selain itu juga diharapkan ada peningkatan atau perbaikan dari performa dan pengaruh dalam usaha-usaha yang dijalankan oleh perempuan, sehingga perempuan mendapatkan kepercayaan diri dan mempunyai suara dalam mengambil keputusan serta mempengaruhi kebijakan dalam hal kesetaraan gender.

WEWO menjadi konsultan dalam proyek ini untuk mengadakan beberapa pelatihan yaitu Training of Trainers untuk Literasi Keuangan Usaha Mikro, Digital Marketing dan Marketing Kit, serta mengadakan Business Meeting yang mempertemukan kelompok usaha perempuan dengan calon mitra baik pembeli maupun investor. Sebelum mengadakan kegiatan pelatihan dan Business Meeting, team WEWO juga mengadakan asesmen singkat yang dibantu oleh Konsorsium ADARA NTB dan TAS NTT. Dari Business Meeting juga ada beberapa pembelian produk dan kerjasama, terutama untuk tenun. Selain itu, WEWO juga memfasilitasi Konsorsium ADARA NTB untuk mencoba membuat toko online di Tokopedia sebagai sarana penjualan produk masyarakat dampingan Konsorsium ADARA.

Foto-Foto KEGIATAN

APA KATA MEREKA

Saya mendapatkan banyak sekali ilmu baru yang benar-benar dibutuhkan oleh pemula UMKM.
Bukan hanya materi akan tetapi praktikum yang sangat detail yang bisa langsung diaplikasikan dalam usaha yang sedang kami jalani.
Metode pembelajarannya juga mengasyikkan dan membuat kami cepat paham serta pemateri yang seru juga.

Arin – Pengusaha Minuman Herbal DjamNoes, NTB

Siap untuk Kolaborasi?

dan membuat perubahan...