Pembekalan Kewirausahaan (Inkubasi Bisnis) dimulai!

Pembekalan Kewirausahaan (Inkubasi Bisnis) tahap I telah dimulai sejak kemarin (19/7) di Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK & PKK) – Kemnaker RI, Lembang – Jawa Barat.

Pembekalan ini diikuti ratusan peserta dari 7 provinsi di Indonesia dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dan secara resmi dibuka langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Ibu Dr. Ida Fauziyah.

Pelaksanaan akan dilakukan secara bertahap setiap pekannya hingga akhir tahun 2020. Program ini didukung oleh Weekend Workshop (WEWO) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pembekalan Hari Pertama

Pembekalan Kewirausahaan (Inkubasi Bisnis) hari pertama di Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK & PKK), Lembang – Jawa Barat berisi Motivasi Bisnis, lalu dilanjutkan dengan pembekalan Manajemen Usaha.

 

Pembekalan Hari Kedua

Pembekalan pada hari kedua berisi manajemen produksi, operasional dan dilanjutkan dengan pembuatan Business Model Canvas.

 

Pembekalan Hari Ketiga

Pada hari ketiga (22/7) berisi Penyusunan Rencana Usaha (Business Plan) dan dilanjutkan dengan Penyusunan Action Plan. Penyusunan rencana kerja ini diharapkan dapat segera diterapkan pada bisnis masing-masing peserta sepulang dari Lembang.

 

Pembekalan Hari Keempat

Pada hari berikutnya (23/7) peserta pembekalan kewirausahaan mengunjungi tempat inkubasi bisnis percontohan yang dimiliki BBPPK & PKK  yang berlokasi di Ciburial, Lembang.

Para peserta mengunjungi percontohan inkubasi perkebunan dan pengolahan kopi, tanaman hias, peternakan, hingga budidaya lobster. Mereka dipandu oleh para staf BBPPK & PKK berpengalaman di bidang masing-masing, sehingga peserta mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang bisnis yang kelak akan mereka laksanakan di daerahnya masing-masing.

Pembekalan Hari Kelima

Kegiatan Pembekalan Kewirausahaan secara resmi ditutup oleh Kepala BBPPK & PKK, Bpk. Eko Daryanto, M.Si. Sebelumnya, diumumkan peserta pembelajar terbaik selama program pembekalan kewirausahaan.

 

Tim fasilitator/aksesor dari WEWO & IPB

 

#AyoBikinSendiri #AyoBerbisnis #PembekalanKewirausahaan

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *