Seni kuliner Nusantara sudah menggunakan rempah- rempah selama ribuan tahun. Aroma khas rempah menjadi daya tarik bagi para pencinta rempah di seluruh dunia, terutama Eropa dan Asia. Rempah yang tumbuh subur di kawasan Tropis ini selain digunakan sebagai pengawet, menambah aroma dan kelezatan dalam masakan, juga ampuh mencegah berbagai penyakit. Berikut beberapa rempah-rempah populer di tanah air:

1. Lada Putih
Lada putih merupakan rempah rempah yang penuh dengan khasiat hingga dapat digunakan untuk penyedap masakan hingga obat luar maupun dalam. Manfaat lada putih antara lain: mengurangi arthritis, mencegah kanker, sakit kepala, luka lambung hingga mengontrol tekanan darah.

2. Cengkeh
Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Provinsi Maluku dan Ambon adalah penghasil cengkeh terbesar dan terbaik di Indonesia

3. Buah Pala
Buah Pala adalah buah langka, sebab tanamannya tidak bisa dijumpai di seluruh Indonesia. Komoditas favorit sejak zaman VOC ini bermanfaat untuk mengatasi insomnia, masuk angin, menambah nafsu makan dan lainnya.

4. Jahe
Jahe merupakan rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. Manfaat jahe dapat digunakan sebagai minuman penghangat tubuh, terutama pada cuaca yang dingin. Sebagai tanaman obat, Jahe bermanfaat untuk mengatasi migrain, perut kembung , melancarkan peredaran darah dan lainnya.

5. Bawang Putih
Bawang putih selain berfungsi sebagai penyedap masakan, juga berkhasiat bagi manusia, antara lain: Anti oksidan, anti inflamasi/radang, mengurangi nyeri hingga membuang racun dalam tubuh.

6. Kayu Manis
Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak. Sebuah penelitian menemukan bahwa menambahkan kayu manis ke dalam makanan dapat menekan kadar gula darah tanpa menghilangkan rasa manis.

7. Ketumbar
Tumbuhan atau tanaman obat yang satu ini merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Manfaat ketumbar diantaranya: mengobati perut kembung, darah tinggi dan pencernaan.

8. Kencur
Kencur adalah jenis tanaman yang digunakan untuk bahan makanan dan obat yang sudah dikenal sejak dulu. Manfaat kencur, yaitu: mengobati sakit tenggorokan, sakit kembung, masuk angin, obat batuk, penambah nafsu makan dan lainnya

9. Kemiri
Buah Kemiri selain digunakan sebagai bumbu masak untuk melezatkan masakan, juga dapat dibuat menjadi minyak kemiri yang berkhasiat untuk menyuburkan rambut.

10. Jintan Putih
Merupakan tanaman rempah berbunga yang banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam bumbu masakan. Khasiat lainnya yaitu sebagai anti oksidan alami dan mencegah pertumbuhan sel kanker

11. Jintan Hitam
Merupakan salah satu jenis rempah yang bermanfaat baik bagi kesehatan, antara lain: anti oksidan, obat alergi, melancarkan peredaran darah dan lainnya. Baunya yang khas dan kuat digunakan sebagai penambah aroma pada masakan.

12. Kapulaga
Rempah yang satu ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan mencegah kanker. Tanaman Kapulaga juga digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

13. Bangle
Merupakan rempah yang biasa digunakan untuk bumbu dapur (rimpang bangle) dan bahan obat-obatan tradisional. Tanaman Bangle mempunyai sebutan yang berbeda-beda pada tiap daerah, misalnya Bengle (Jawa), Mungle (Aceh), Bungle (Tapanuli), Panglai (Sunda), Bale (Makassar).

14. Temulawak
Manfaat temulawak sebagai obat herbal sangat baik untuk kesehatan tubuh, hati, jantung dan ginjal. Temulawak sering dijadikan minuman yang selain menyegarkan juga sangat menyehatkan.

15. Lada Hitam
Lada Hitam sering ditambahkan ke dalam sepiring steak atau masakan panas berkuah untuk menambah rasa dan selera makan. Selain sebagai penyedap makanan, Lada Hitam berkhasiat untuk mencegah kanker, kaya vitamin C, A, flavanoid, karoten dan antioksidan, membantu pencernaan, kembung dan anti depresan.

—–

Foto: http://www.womenshealthmag.com/weight-loss/diy-spice-blends

%d bloggers like this: