TUTORIAL: Make Your Own Snow Jar

Oleh: Veren Nurhakiki, Universitas Negeri Jakarta 2016
Water Snow Globe (3)
Mempunyai meja kosong di ruanganmu? Kamu bisa isi dengan hiasan unik ini, Snow Jar. Mirip dengan Snow Globe, hanya saja dibuat dengan toples. Tidak kalah mudah untuk dibuat. Mari kita siapkan dulu bahan-bahannya:1. Toples. Dengan bahan kaca, karena kaca ini akan mempermudah dan memperindah penglihatan kita terhadap hiasan di dalamnya. Selain itu kaca juga berfungsi memberikan beban agar massa luar dan dalam toples seimbang.
2. Hiasan. Nah, hiasan ini bisa disesuaikan dengan keinginan. Bisa berupa patung-patung, miniatur pohon, bebatuan, dan sebagainya.
3. Lem. Lem yang digunakan adalah lem dengan daya rekat yang kuat ya.
4. Glitter.
5. Air.
6. Gliserin. Bahan kimia ini berfungsi untuk menghasilkan efek salju.Cara pembuatannya:
1. Bersihkan toples, pastikan tidak ada retakan atau kerusakan pada bagian toples.
2. Tempelkan hiasan-hiasan yang diinginkan ke dalam toples menggunakan lem. Kamu bisa juga rekatkan hiasannya pada bagian dalam tutup toplesnya.
3. Setelah lem kering dan hiasan tertempel, isi air pada toples, beri kurang lebih 20 mililiter gliserin dan diaduk rata. Kemudian taburkan juga glitter secukupnya ke dalam air, aduk rata juga agar tidak menggumpal.
4. Penuhi jumlah air dalam toples jika kamu belum penuh mengisi sebelumnya. Tutup rapat-rapat toples. Bila perlu, kamu bisa beri lem lagi agar tidak lepas.
5. Snow Jar sudah jadi. Letakkan toples itu di atas meja, kemudian kocok perlahan atau balikkan posisi toples tersebut dan lihat hasilnya.

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *