Tutorial: Mozaic Tray dari CD Bekas

Oleh : Alika Rahmadhanti, Universitas Negeri Jakarta

Compact Disk atau yang biasa kita sebut CD merupakan limbah plastik yang sukar terurai. Tidak hanya plastic, dalam satu CD juga terdapat berbagai macam bahan kimia serta materi yang merugikan bagi lingkungan, seperti; almunium dan plastic berbahan polikarbonat. Dalam proses penguraiannya, perlu waktu hingga puluhan bahkan ratusan tahun agar sebuah CD dapat terurai atau hancur.

Dilatar belakangi oleh masalah tersebut, saya ingin mengajak kalian untuk berkreasi dan berinovasi dengan limbah CD untuk menciptakan suatu karya kerajinan yang memiliki nilai estetik.

Alat dan Bahan :
• CD yang sudah tidak terpakai
Tray (bebas)
• Kuas Besar
• Lem
• Cat Semprot/Cat Akrilik (warna bebas)
• Resin dan Katalis
• Gelas Plastik
• Gunting
• Koran (sebagai alas saat mengecat ulang agar meja kerja tetap bersih)

Proses Pembuatan :

  1. Mulailah dengan memotong CD menjadi bagian-bagian kecil. Anda dapat memotongnya sesuai selera anda, usahakan bentuknya tidak selalu sama dengan ukuran yang agak beragam agar tidak terlalu monoton.
  2. Siapkan tray dengan ukuran dan bentuk bebas, jangan lupa untuk menempatkan koran sebagai alas agar meja kerja tetap bersih dari cat yang akan diaplikasikan pada tray.
  3. Selanjutnya adalah tahap pewarnaan atau Anda dapat mulai mengecat ulang tray dengan cat akrilik atau cat lainnya. Namun, disini saya merekomendasikan untuk menggunakan cat semprot agar lebih cepat dan merata pada seluruh bagian. Tunggu sekitar 15 menit hingga cat mengering.
  4. Mulailah untuk menempelkan potongan-potongan CD ke permukaan tray dengan menggunakan lem. Usahakan untuk tidak menyisakan jarak yang terlalu jauh antara potongan-potongan CD.
  5. Setelah selesai, tunggulah hingga lem kering seraya mempersiapkan adonan campuran resin dan katalis pada gelas plastik.
  6. Tahap selanjutnya, tuangkan adonan resin ke permukaan tray yang dipenuhi dengan potongan-potongan CD. Goyangkan tray agar adonan resin menutup permukaan tray dengan merata.
  7. Diamkan hingga kering atau dapat menggunakan bantuan hair dryer agar cepat mengering.

    Bagaimana? Terlihat mudah dan menarik kan teman? Selamat mencoba!
    #AyoBikinSendiri

    Sumber:

    https://diyjoy.com/diy-ideas-old-cd-compact-disc/https://www.youtube.com/watch?v=nj_Zq15cIEQ

    https://www.youtube.com/watch?v=w3ct6DumMRM

 

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *