Select Page

Oleh: Triwibawa ‘Cimot’ Santosa, Illustrator Profesional

Saya adalah artist yang bekerja dengan teknik manual dan digital. Saat bekerja secara digital, saya terbiasa memakai computer desktop dan Wacom Intuous dengan beberapa software untuk menggambar termasuk photoshop.

Pengalaman saya menggambar digital menggunakan tablet selama ini tidak memuaskan. Masalah terbesar bagi saya saat menggunakan tablet ialah tidak adanya pressure sensitivity untuk menghasilkan tebal-tipis coretan yang dihasilkan saat menggambar.

Karena itu, ketika ditawari untuk mencoba Samsung Galaxy Tab A 2016 with S Pen, hal pertama yang saya khawatirkan adalah soal pressure sensitivity pada S Pen-nya. Apakah S Pen bisa menjawab kebutuhan saya saat menggambar digital?

WhatsApp Image 2017-02-26 at 9.43.00 PM

Pressure Sensitivity S Pen Mumpuni
Dengan ukuran layar 10.1 inci saya rasa cukup memadai untuk menggambar, kira-kira lebih besar dari sketchbook ukuran A5, tapi masih lebih kecil dibanding sketchbook ukuran A4. Asiknya, ketika kita menggambar dengan Samsung Galaxy Tab A, ukuran gambar bisa kita tentukan tentunya bisa lebih besar dari besar layar, dan kita bisa men-zoom-nya sehingga kita bisa membuat gambar yang lebih detail.

Bagaimana dengan pressure sensitivity-nya? Saya cukup surprise, ternyata pressure sensitive-nya bekerja cukup baik. Efek pressure sensitive ini terasa berbeda-beda bergantung pada apps yang digunakan, namun umumnya bekerja baik di apps khusus buat menggambar. Samsung Galaxy Tab A ini sudah dilengkapi dengan S Pen. S Pen ini asiknya bekerja tanpa baterai sehingga kita tidak perlu men-charge-nya. Walau ukurannya tidak sebesar pensil, tidak butuh waktu lama untuk membiasakannya.

Software bawaan Samsung cukup bisa diandalkan untuk menggambar hal-hal sederhana, bahkan untuk sketching pun kita masih bisa memakai apps bawaan Samsung. Tapi, bila kita ingin membuat karya yang lebih serius dan lebih mumpuni, sebaiknya menggunakan apps khusus menggambar. Ada yang bisa diunduh secara gratis, ada pula yang berbayar.

Menggambar Digital Di Mana Saja
Sekarang ini berkarya khususnya menggambar tidak hanya bisa dilakukan di rumah/studio, dengan adanya teknologi tab seperti Samsung Galaxy Tab A ini kita bisa menggambar dimana saja. Dan teknologi mobile ini pun semakin baik sehingga karya digital pun secara kualitas visual bisa menyamai kualitas manual. Tentunya secara digital kita mendapat banyak kemudahan. Jadi buat kamu yang ingin selalu bisa berkarya dimana saja, dengan cara yang lebih mudah dan praktis juga silakan mencoba berkarya dengan Samsung Galaxy Tab A 2016 with S Pen. Ayo mulai berkarya, Begin The Action.