Jika Anda memiliki suatu keahlian -seni atau kreativitas misalnya-  dan Anda berkeinginan untuk mengadakan kegiatan pelatihan (workshop), sebenarnya tidak sesulit yang Anda dibayangkan. Berikut beberapa tips untuk menyelenggarakan workshop yang seru dan fun:

Siapkan Materi Workshop

Siapkan materi dan durasi workshop secara detail. Apabila workshop Anda membutuhkan beberapa kali pertemuan, maka pilah dan pilih lah materi pengajaran untuk setiap kali pertemuan. Workshop bisa dibagi berdasarkan level keahlian, dari pemula hingga mahir.

Pilih Lokasi Strategis

Jika belum memiliki tempat workshop sendiri, Anda bisa bekerjasama dengan pemilik tempat. Misalnya di cafe dan resto bisa menjadi pilihan, bila workshop Anda tidak membutuhkan ruangan khusus dan peralatan berat. Anda juga bisa memanfaatkan working/maker space yang mulai menjamur di kota-kota besar sebagai lokasi workshop. Pilih lah lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

Buatlah SOP untuk workshop Anda

Siapkan Standard Operation Procedure (SOP) untuk workshop Anda. SOP ini sangat bermanfaat apabila workshop ini dilakukan secara rutin, dan bila Anda ingin mengembangkan workshop di masa depan.

Perkenalkan Workshop Anda

Buatlah perangkat promosi untuk memperkenalkan workshop Anda. Beritahu teman-teman, keluarga dan orang-orang terdekat Anda tentang workshop ini. Anda bisa memanfaatkan social media, membuat website/microsite, hingga poster atau brosur untuk menginformasikan workshop Anda.

 

Kerjasama Workshop

Anda juga dapat bekerjasama dengan penyelenggara workshop, seperti WEWOCraft (Weekend Workshop) untuk mengadakan workshop secara rutin. WEWO akan meminta contoh hasil karya Anda dan mengkurasinya, sebelum mengajar. Keuntungan kerjasama ini antara lain, tidak perlu repot mencari tempat workshop, pendaftaran peserta dan membantu promosi workshop Anda.

====

Bila Anda memiliki keahlian khusus dan ingin bekerjasama untuk mengadakan workshop, silakan hubungi WEWO ke: info@wewo.co.id