5 Ide Bisnis Kreatif dimasa Pandemi


Sumber Foto : (https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-menggambar-bola-lampu-di-papan-putih-3758105/)

1. Usaha Jasa/Produk Kesehatan
Baik pada masa normal maupun saat krisis, masyarakat tetap membutuhkan jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup. Maka itu, para tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker hingga karyawan pusat kesehatan berada di garda terdepan untuk menjamin kesehatan masyarakat.
Telebih ketika masa krisis akibat virus Corona yang terjadi di berbagai belahan dunia seperti saat ini. Berbagai latar berlakang tersebut menjadi alasan yang membuat bisnis kesehatan termasuk salah satu yang bisa bertahan di masa krisis sekalipun. Kebutuhan menjaga dan memulihkan kesehatan tak akan hilang karena momentum apapun. Sehingga bisa dijadikan peluang bisnis sekaligus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan atas kesehatan. (https://www.jurnal.id/id/blog/ini-5-sektor-bisnis-tahan-krisis-saat-pandemi-covid-19/)

2. Camilan Unik
Makanan merupakan hal yang disukai oleh banyak orang terlebih makanan tersebut memiliki ciri khas yang unik. Membuat camilan yang tidak pernah dibuat orang lain bisa menjadi ide bisnis yang mendatangkan untung. Pastikan camilan unik yang dibuat sesuai dengan selera konsumen, packaging dari produk yang dijual juga perlu di perhatikan supaya semakin banyak orang yang tertarik dnegan produkmu. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan barang yang ingin dijual.Telebih ketika masa krisis akibat virus Corona yang terjadi di berbagai belahan dunia seperti saat ini. (https://lingkaran.co/blog/ide-bisnis-kreatif/)

3. Jasa Titip (JasTip)
Ide inovasi bisnis selanjutnya ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, yaitu membuka jasa titip (JasTip). Jasa titip ini merupakan suatu kegiatan yang dimana pelaku usahanya membuka jasa untuk membelikan berbagai barang yang diinginkan oleh para customer, di mana harga barang tersebut tentunya sedikit lebih mahal dari barang aslinya (sebagai ongkos jasa dari pembelian produk tersebut).
Ide inovasi bisnis yang satu ini sangat digemari oleh berbagai pebisnis pemula, karena mudah untuk dilakukan dan keuntungan yang didapatkan cukup besar, apabila sudah banyak customer yang berlangganan dengan jasa titip kamu. Bagi kamu yang ingin mencoba ide bisnis ini, kamu cukup bermodalkan smartphone, media sosial dan rekening bank untuk memulai bisnis ini. (https://www.latihid.com/blog/235824/4-ide-bisnis-kreatif-yang-patut-dicoba-di-masa-pandemi)

4. Toko Fashion Online
Bisnis fashion online semakin dilirik di era new normal. Selain cukup mudah, Anda bisa melakukannya di rumah. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk jualan. Gunakan juga fitur live Instagram dan Facebook untuk mempromosikan produk jualan. Para pembeli bisa berinteraksi dan melihat produk secara daring. (https://www.lodi.id/5-ide-bisnis-kreatif-agar-sukses-berbisnis-di-masa-pandemi/)

5. Tutor Online
Selanjutnya, ide inovasi bisnis berupa tutor online. Tutor online ini sangat disukai oleh para pelajar yang ingin mendapatkan pelajaran tambahan diluar kegiatan belajar di sekolahnya. Sebelum masa pandemi, jasa tutor ini sangat mudah sekali ditemukan, namun, sejak masa pandemi membuat jasa tutor yang biasanya mengajarkan para muridnya secara offline harus tutup sementara sesuai dengan peraturan pemerintah. Mungkin, masih dapat ditemukan beberapa jasa tutor yang mengajar secara offline, tetapi beberapa murid mungkin sangat khawatir dengan kondisi tatap muka di masa pandemi ini.
Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam mengajar berbagai materi pelajaran di bangku sekolah, ide inovasi bisnis ini sangat patut untuk dicoba. Cukup bermodalkan ilmu, soal-soal materi pelajaran, jaringan internet, dan laptop/komputer, kamu sudah bisa mengajar atau memberikan tutor secara online kepada murid-murid.