5 Tips memotret foto bagus menggunakan kamera Smartphone kamu!

  • Pilihlah objek yang menarik

Pernahkah kamu merasa sudah menuangkan semua skill fotografimu tetapi hasil fotonya malah zonk? Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena objek yang dipilih kurang tepat. Karena mau sehebat apapun skill yang kamu miliki akan sama saja kalau objek yang dipilih tidak menarik.

(Sumber Foto : https://www.pexels.com)

Kamu bisa melatih kepekaan terhadap bagus atau tidak sebuah objek. Selain dari segi visual, kamu juga harus tahu apakah objek tersebut akan menimbulkan makna dan cerita ketika dipotret atau tidak.

  • Aktifkan mode grid untuk rule of third

Salah satu yang menjadi trik yang paling dasar memotret menggunakan kamera HP dengan mempelajari yang namanya teknik rule of thirds. Dalam menggunakan teknik ini, kamu harus mengaktifkan grid di layar ponsel supaya muncul garis bantu untuk mempermudah kamu membagi setiap posisi objek.

(Sumber Foto: androidauthority.com)

Untuk memudahkan pengaturan komposisinya, pilihlah satu objek yang menurut kamu paling dominan lalu cek di dalam frame apakah objek tersebut sudah cukup jelas atau perlu digeser lagi. Selain menggeser kamera kamu juga dapat mempertajam komposisi dengan membersihkan area atau benda yang mengganggu di sekelilingnya.

  • Perhatikan pencahayaan disekitar

Pencahayaan adalah salah satu hal yang harus benar-benar diperhatikan kalau kamu mau melakukan aktifitas fotografi menggunakan smartphone. Kebanyakan, bahkan hampir semua smartphone mengalami beberapa masalah seperti ukuran sensor yang gak sebesar kamera digital biasa, terbatasnya pengaturan shutter speed, dan aperture lensa yang fixed bikin kamu harus peka dengan pencahayaan yang pas. (https://www.lazone.id/lensacommunity/tips-foto-keren-cuma-menggunakan-kamera-handphone-HCza0)

        (Sumber Foto : https://www.pexels.com)

  • Tepat dalam memilih angel gambar

Pemilihan angle atau sudut pengambilan gambar menjadi tips fotografi menggunakan smartphone yang berikutnya. Kamu harus kreatif saat memilih angle, karena setiap angle yang kamu pilih dalam memotret akan memberikan cerita yang berbeda pula pada hasil foto kamu.

  (Sumber Foto : https://www.pexels.com)

Salah satu teknik sudut pandang pengambilan gambar yang masih menjadi tren sampai saat ini adalah perspective photography. Teknik ini memungkinkan kamu untuk menghasilkan gambar yang unik dan out of the box. Contoh pengaplikasian teknik ini yang paling populer adalah wisatawan yang bersandar pada Menara Pisa di Italia. Sesuatu yang tidak mungkin akan menjadi mungkin dengan ilusi sudut pengambilan gambar yang satu ini. Keren banget! (https://kreativv.com/tips-fotografi/)

  • Dapatkan fokus pada objek yang diinginkan

Kamu pasti sering melihat foto dengan fokus yang terpusat pada satu objek tertentu dan memiliki background yang terlihat blur atau out of focus. Dengan aperture besar serta fitur potrait mode yang udah tersedia di banyak kamera smartphone, kamu bisa memainkan titik fokus ini untuk menghasilkan gambar yang lebih manarik dan keren.

        (Sumber Foto : https://www.pexels.com)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *