TIPS BIKIN BUKU CATATAN MENARIK & ENAK DIBACA

Oleh : Elenora M.G, Universitas Negeri Jakarta

Sering kali dalam membuat sebuah buku catatan kita hanya memperhatikan isi yang dicatat tanpa melihat tampilan luarnya. Dalam hal ini, tampilan luar pada buku catatan juga penting sebagai daya tarik tersendiri dan membuat orang yang melihat menjadi penasaran akan isi buku tersebut.

Alat dan Bahan :
• Buku Catatan
• Sampul Cokelat Besar
• Kertas Kalender Bekas
• Sampul Plastik
• Koran
• Gunting
• Selotip Bening
• Spidol atau Pulpen Aneka Warna
• Cat Air
• Kuas
• Kertas Stiker Memo
• Gambar yang Sesuai Dengan Mata Pelajaran (Alternatif dapat Digambar Sendiri)

Proses Pembuatan :

  1. Siapkan buku catatanmu, pilihlah kertas yang akan menjadi sampul bukumu (sampul coklat/ kertas kalender bekas/ koran/sesuai selera)
  2. Gunting kertas, sisakan jarak 1-2 cm kertas dengan buku. Tarik bagian bawah buku keatas, lalu masukkan kertas sampul kedalam buku
  3. Lipat kertas agar rapih. Lakukan juga pada bagian atas buku
  4. Tekan dan rapihkan bagian atas

  5. Buka pada halaman kertas depan. Ambil bagian samping kertas, tahan buku, masukkan kertas kedalam hingga membentuk segitiga, setelah itu tekan
  6. Lakukan juga pada bagian atas buku

  7. Lipat sisi kertas agar menutup kedalam. Lakukan juga pada bagian belakang buku
  8. Tekan buku agar  garis lipat tadi tetap pada tempatnya. Balik ke tampilan buku depan, tekan buku seperti langkah sebelumnya

  9. Hiaslah bukumu bisa dengan membuat gambar, menempel gambar dan mewarnainya. Cari gambar  yang sesuai dengan mata pelajaran (alternatif digambar langsung dengan tangan)
  10. Gunting gambar hingga rapih. Beri lem atau double tape untuk merekatkan gambar pada sampul buku. Tempelkan sesuai keinginan kalian

  11. Setelah semua ditempel, siapkan spidol, cat air atau peralatan tulis untuk menulis. Jangan lupa untuk menulis nama dan nama mata pelajaran pada bukumu.
  12. Setelah itu ambil sampul plastik dan sampul bukumu agar awet: Buku yang disampul plastik lebih tahan terhadap gangguan seperti tangan yang berminyak, tumpahan air dan dapat dilap jika berdebu. Buku yang tersampul plastik juga lebih awet dan bisa bertahan 3 tahun bahkan lebih jika kalian menyimpannya dengan baik.
  13. Berkreasi dengan kertas stiker memo: Kalian dapat membuat catatan kalian lebih menarik untuk dibaca dengan kertas stiker memo. Kertas ini dapat kalian isi dengan apapun yang penting seperti kesimpulan, rumus, kata kunci dan sebagainya.

  14. Menulis Judul Topik dalam Catatan: Buatlah judul topik pelajaranmu dengan ukuran besar agar lebih mudah dilihat dan kalian perlu memperhitungkan apakah judul topik tersebut muat pada halaman judul di bagian atas buku. Kalian juga dapat mengatur letak judul agak kekiri, kekanan atau rata tengah.
  15. Menulis dengan poin
  16. Memberi penekanan pada bagian dalam topik
  17. Beri warna pada rumus atau kata yang penting untuk diingat

  18. Buat penulisan paragraf menjadi menarik
  19. Buat bingkai agar lebih mudah melihat bagian yang perlu diingat
  20. Perjelas dengan ilustrasi: misalkan topik pelajaran kalian adalah struktur organ  hewan, maka gambarlah struktur organ tersebut, sebagai alternatif kalian dapat mencetak gambar dari komputer lalu menggunting dan menempelkannya  pada catatan kalian.


    Bagaimana? Terlihat mudah dan menarik kan teman? Selamat mencoba!
    #AyoBikinSendiri

    Referensi:

    https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2292547/5-manfaat-membuat-catatan-kecil-alias-notehttps://sites.google.com/view/greenydiary/

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *