Tutorial Hiasan Dinding dari Stik Es Krim & Flanel

Oleh : Fatimah Rahmah, Universitas Negeri Jakarta

Hiasan dinding tiga dimensi berupa bunga mawar flanel yang indah. Untuk membuat kerajinan semacam itu dibutuhkan modal yang besar karena bahan yang diperlukan adalah kain flannel yang harganya sangat terjangkau. Hiasan Dinding dari stik es krim bisa jadi dekorasi yang tidak hanya murah, namun sekaligus cantik. Sebenarnya ada banyak inspirasi kerajinan tangan saat ini yang dibuat dari bahan stik es krim termasuk hiasan dinding.

Ingin mendekorasi dinding kamar? Nah, Anda tidak perlu membeli pernak-pernak hiasan dinding dan bisa membuat kerajinan hiasan dinding terbuat dari stik krim dan kain flannel. Cukup dengan stik krim dan kain flannel, maka hiasan dinding yang cantik akan menjadi milik anda.

Alat :
• Lem Tembak atau lem kayu
• Kawat batang
• Gunting
• Isolasi Hijau (Bila kawat masih warna abu-abu belum diisolasi hijau)

Bahan :
• Stik krim sebanyak mungkin.
• Kain Flanel
• Manik Daun (Tak harus beli, bisa gunakan kain flannel warna hijau)

 

Proses Pembuatan :

1. Siapkan tiga atau dua kawat kecil yang masing-masing panjangnya sekitar 35 cm. Kemudian, tekuk kawat menjadi dua helai. Selanjutnya tangkis kawat dengan solasi hijau. Selain itu, Jika ada kawat sudah dibungkus solasi hijau, tidak apa-apa supaya tidak membuang waktu.

2. Siapkan stik es krim untuk membuat papan hiasan. Dibutuhkan sebanyak 21 stik es krim atau sesuai selera mu misalnya 12 stik krim boleh juga. Kemudian susun stik es krim hingga membentuk papan hiasan seperti papan gambar.

3. Langkah selanjutnya tekuk dua tangkai kawat yang sudah dibuat. Setelah itu ikat tangkai kawat pada papan hiasan dengan menggunakan potongan kawat yang dikaitkan dengan stik es krim. Lalu, kawatnya ditempalkan dengan lem tembak pada stik es krim.

4. selanjutnya membuat bunga mawar gulung dari kain flannel. Potong kain flannel membentuk lingkaraan berdiameter 5 cm, lalu gunting melingkar menyerupai pola obat nyamuk. Setelah itu, kemudian gulungan dan beri lem tembak.

5. Membuat enam atau 4 bunga mawar dengan cara yang sama sebelumnya seperti nomor 4. Ada dua warna bunga yaitu merah dan pink.

6. Langkah berikutnya tempelkan enam bunga pada ujung tangkai kawat dengan lem tembak dan pastikan bunga juga melekat pada kawat

7. Selanjutnya yaitu membuat daun dari kain flannel warna hijau. Potong kain flannel warna hijau menyerupai daun. Buat daun sebanyak enam semungkin, kemudian tempelkan pada tangkai bunga.

8. Selanjutnya kita memuat pot bunga. Potong kain flannel membentuk merupai pot bunga kemudian tempelkan menutup tangkai bawah.

Hasil Hiasan dinding sudah jadi.

Bagaimana hasilnya? Mudah ? nah, bisa membuat sendiri. Kerajinan hiasan dinding cukup dengan stik es krim dan flannel.

Tertarik membuat kreasi ini ? Yuk, simak videonya berikut ini:
https://youtu.be/D5PKjFQ_r8Y

Note:
Tidak hanya ini, selain bisa membuat semacam untuk mendekorasi ruangan. Bisa dilihat situs : https://infoceria.com/hiasan-dinding-dari-stik-es-krim/

Referensi
https://www.kreasiceria.com/2018/03/ide-kreatif-membuat-hiasan-dinding-cantik-dari-stik-es-krim.html

#AyoBikinSendiri

Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *