Akhir pekan lalu (21/1) WEWO kembali mengadakan Event BERBULU (Berburu Ilmu) dengan Tema Special: Illustration 101. Acara sharing bulanan yang telah berlangsung sejak tahun 2014, kali ini menghadirkan dua illustrator beken, yaitu kak Santosa ‘Cimot’ Triwibawa dari Comic CrewYuk dan kak Rony Sanjaya dari Komunitas NgiBing (Mengisi Bingkai).

Acara yang diadakan di di Estubizi Coworking Space, Jl Wolter Monginsidi Jakarta sore itu berlangsung hangat dan cair. Banyak pertanyaan yang dilontarkan para peserta, mulai dari cara memulai membuat ilustrasi, Apa saja bahan-bahan yang diperlukan, teknik dan gaya ilustrasi, hingga cara menentukan harga jual sebuah ilustrasi.

Berikut beberapa resep sukses menjadi ilustrator, disarikan dari diskusi BERBULU: Illustration 101:

Ikuti ‘Passion’mu
Kak Cimot mengungkapkan, Ia suka menggambar sejak masih kecil. Ia terpesona melihat gambar-gambar yang ada di komik, dan sejak saat itu ia tak berhenti menggambar. Kesukaannya tersebut sempat terhenti, saat ia meniti karir di agensi periklanan hingga akhirnya menjadi seorang Creative Director. Ia mengungkapkan, pada tahun 2015 lalu ia kembali menjadi ilustrator dan banyak dari eks kliennya semasa di agensi kini menggunakan jasanya sebagai ilustrator. Mulai dari pembuatan ilustrasi untuk print ad, storyboard, komik, dekorasi ruangan, hingga film. Saat ini ia sedang mengerjakan proyek komik ‘Filosofi Kopi 2’, untuk mendukung peluncuran sekuel film dengan judul yang sama.

Jangan Berhenti Menggambar
Sementara kak Rony mengungkapkan, tidak ada kata terlambat. Jika kita menyukai sesuatu, lakukanlah segera. Lakukanlah terus-menerus dan jangan berhenti untuk mempertajam kemampuan. Mungkin hari ini gambar kita tidak terlalu bagus, tapi besok mungkin bisa lebih baik.

Kak Rony mempunyai beberapa buku gambar kecil yang berisi coretan ilustrasinya di waktu senggang. Menurutnya, coretan tersebut menjadi ‘Bank ide’ miliknya sewaktu-waktu diperlukan.

Bangun Reputasimu
Jangan takut menampilkan karyamu di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Behance, dan lainnya. Medium tersebut dapat menjadi digital portfolio yang dapat diakses dengan mudah oleh calon pengguna jasa ilustrasimu.

Kolaborasi Kreatif
Dunia kreatif sangat luas dan seringkali beririsan dengan bidang disiplin ilmu lainnya. Karena itu, sangat dianjurkan bagi para pelaku kreatif untuk melakukan kolaborasi. Misalnya, seorang ilustrator dapat berkolaborasi dengan scriptwriter. Diharapkan dari kolaborasi tersebut dapat menghasilkan komik yang berbobot, baik secara visual maupun cerita.

———————

*Ikuti terus Acara BERBULU (berburu Ilmu) setiap bulannya. Silakan cek jadwalnya di wewocraft.com. Acara GRATIS!

%d bloggers like this: