Hook atau hakpen adalah alat yang paling penting untuk para perenda (crocheter). Salah satu syarat utama dalam membeli hakpen adalah kenyamanan saat memakai hakpen karena merenda bisa memakan waktu berjam-jam. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda akan membeli hakpen. Hal ini bisa menjadi referensi bagi perenda (crocheter) tingkat pemula maupun tingkat lanjut.

Apa saja sih yang harus kita perhatikan saat membeli hakpen?

1. Setiap orang mempunyai cara memegang hakpen yang berbeda-beda. Apakah Anda memegang hakpen seperti memegang sendok? Atau seperti memegang pisau (knife grip)? Jika ada memegang hakpen seperti memegang sendok (spoon grip) maka Anda perlu membeli hakpen yang mempunyai bantalan karet di salah satu ujungnya. Jika hakpen Anda berjenis nomor ganda, maka carilah yang ada bantalan karet di tengah-tengah.

2. Jika Anda memegang hakpen seperti memegang pisau, maka Anda harus memilih hakpen yang mempunyai bagian pipih di tempat ibu jari anda berada. Dengan demikian, ibu jari Anda tidak akan terasa kaku saat merenda cukup lama.

3. Carilah hakpen yang ringan. Hakpen yang ringan tidak akan membuat tangan anda cepat kaku dan lelah.

4. Jika Anda mempunyai gejala arthritis atau penyakit tertentu yang berhubungan dengan syaraf atau tulang, maka Anda bisa membuat pegangan tambahan di hakpen anda dengan cara menambahkan polymer clay di bagian pegangan. Cocokkan ketebalan pegangan dengan kemampuan anda mencengkram atau memegang hakpen. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter Anda.

5. Pastikan ujung kait hakpen tidak terlalu tajam. Ujung kait yang tajam akan menyulitkan Anda saat merenda menggunakan benang big ply atau nylon, hasil crochet pun akan berantakan jika tersangkut kait.

6. Hakpen yang enak belum tentu hakpen yang mahal. Sebelum membeli, sebaiknya dicoba dulu dengan benang yang akan kita pakai. Jika membeli di toko online, tanyakan secara detil spesifikasi hakpen yang akan dibeli daripada menyesal. Lebih bagus jika penjual bersedia bila barangnya ditukar jika tidak cocok dengan ‘pegangan’ kita.

7. Hindari memakai hakpen yang terbuat dari plastik dan bambu untuk benang akrilik 100%, karena benang akan terasa kasar pada hakpen dan akan berdecit.

%d bloggers like this: